Mendidik Tanpa Tekanan – Berbasis Hati Nurani
Hubungi Kami: 021 7782 2828

Serunya Pendidikan Persahabatan Eduwisata Indonesia-Malaysia

JawaPos.com - Persahabatan erat serumpun Indonesia-Malaysia masih tetap terjalin di dunia pendidikan. Dalam International Friendship Project, sang tuan rumah SMPIF Al Fikri Depok, Jawa Barat menyambut Sekolah Menengah Sains Haji Ahmad Shah (SEMSAS), Kuantan, Malaysia.

Kedatangan para siswa dan sejumlah guru dari Semsas tersebut dalam rangka kunjungan eduwisata atau homestay. Program ini sudah terjalin sejak 6 tahun lalu. Kali ini Semsas datang ke Al Fikri sebagai kunjungan balasan setelah dua tahun lalu Al Fikri berkunjung ke Semsas.
Dengan tema 'Cheer for Humanity', banyak kegiatan dan kunjungan ke beberapa tempat yang berbasis kerja kemanusiaan. Hari pertama mereka berkunjung ke pesantren Nurul Iman Islamic boarding school, Parung, Bogor. Pondok pesantren ini sudah berdiri dari tahun 1998 di Parung, Depok. Pendirinya adalah Habib Saggaf bin Mahdi bin Syekh Abi Bakar bin Salim. Istimewanya pesantren ini memiliki 15000 santri dari jenjang TK sampai S1 dan semua siswa yang mondok di sana gratis dari uang bayaran. Seperti motto ponpes Nurul Iman: Free and quality education supported by social entrepreneurship. yang dijalankan ponpes ini dibagi menjadi 3 kategori yaitu pendidikan, wirausaha dan organisasi.
Humanity

Humanity

Siswa melihat beberapa wirausaha yang ada di ponpes tersebut. Siswa diajak berkeliling untuk melihat beberapa usaha yang ada di ponpes tersebut. Ada 31 unit usaha yang dijalankan oleh ponpes Nurul Iman. “Kami perlu mencontoh pesantren Nurul Iman, karena daerah kami belum ada pesantren yang memiliki usaha sekaligus menghidupi pesantren itu sendiri," kata Koordinator Guru Semsas Abdul Karim Ibrahim, dalam keterangan tertulis, Rabu (30/8). Siswa diajak berwisata ke tempat pembuatan roti dan tempe olahan, oleh Ustadz Ibrahim (Humas Ponpes). Lokasi lain yang dikunjungi adalah ruang pembuatan susu kedelai, pengolahan air minum suling, sampah daur ulang, pembuatan conblock. Selain itu, siswa juga diajak untuk melihat 9 hektar perikanan yang ada di Ponpes dan juga perternakan sapi, domba dan kambing. Uniknya Ponpes Nurul Iman juga memiliki sistem manajemen limbah terpadu seperti biogas yang akan disalurkan energinya untuk memasak nasi di pesantren. Dalam sehari ponpes memasak 5 ton beras jagung untuk kebutuhan santrinya. Hari kedua, siswa Semsas dan siswa alfikri berkunjung ke Desa Bantarsari, Kabupaten Bogor. Di sana mereka disambut Kepala Desa Hakim Luqmanul sebagai Kades Bantarsari. Siswa diajak ke kebun jambu dan memetik buah jambu. Selain itu siswa diajarkan workshop cara membuat bolu jambu, kue cubit dan pembuatan baso. Hari ketiga, siswa mengunjungi Kebun Raya Bogor. Guru Al Fikri berinisiatif membuat games Amazing Race. Ada 5 pos yang telah disediakan. Yaitu, pos pertama adalah taman belakang presiden. Siswa diajak berfoto dengan pose mengenai ujung menara istana dan bermain angklung. Pos kedua, ke museum Zoologi untuk mencari spesies hewan khas Indonesia. Pos ketiga, siswa diajak mencari bendera Indonesia dan bendera Malaysia. Pos keempat, games kekompakan. Terakhir adalah pos lima, Challange memeluk pohon jodoh. Beberapa siswa malaysia juga diajak ke Kota Tua dan Monumen Nasional. Kepala SMP Islam Fitrah Al Fikri, Uhan Subhan, juga berharap kegiatan tersebut menjadi ajang silaturahim sekaligus sebagai pembelajaran nyata bagi para siswa, baik pembelajaran di bidang sosial maupun kebudayaan. “Semoga program International friendship project yang telah dilakukan oleh SMPIF Al Fikri dengan Semsas ini terus berkembang dan mempererat persahabatan dua negara," tutup Uhan. (ika/JPC) https://www.jawapos.com/read/2017/08/30/154062/serunya-pendidikan-persahabatan-eduwisata-indonesia-malaysia
0
Leave a Reply

Kontak

Jalan Raden Saleh,
Studio Alam TVRI
Sukmajaya - Depok 16412

Phone TK:
021 - 7782 6868 / 7782 6688
Fax: 021 - 7782 3838

Phone SD/SMP:
021 - 7782 2828
Fax: 021 - 7783 1818

Info PSB

Bergabunglah bersama kami !

Online Support